Setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan terutama sekolah-dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Termasuk di SDN PAGAGAN 1. Upacara Bendera sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin.

Akhir-akhir ini sering terjadi hujan di Pamekasan khususnya di Desa Pagagan, Meski demikian tidak menyurutkan semangat guru dan siswa beserta pegawai SDN PAGAGAN 1 untuk melaksanakan upacara bendera.

Adapun penyelenggaraan upacara bendera yang digelar di halaman  SDN PAGAGAN 1 pada Senin (16/1/2023) 06: 45 WIB.

 Upaca Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Peserta upacara tidak membuat masalah dan kegaduhan saat upacara berlangsung. Sebaliknya mengikuti upacara terse but dengan rasa sosial dan kebersamaan yang tinggi sehingga upacara berjalan dengan lancar dan sukses.