Pamekasan, 31 Agustus 2023 РSekolah Dasar Negeri (SDN) Pagagan 1 telah mengikuti perayaan Hari Ulang Tahun Pramuka dan kemerdekaan Indonesia dengan semangat dan kreativitas yang tinggi. Dalam upaya untuk memperingati momen bersejarah ini, siswa-siswi SDN Pagagan 1 dari tingkat Penggalang dan Siaga terlibat dalam kegiatan pionering yang mengesankan, sementara para Siaga merayakan dalam suasana Pesta Siaga yang meriah.

Pionering oleh Penggalang Pramuka

Penggalang Pramuka SDN Pagagan 1 mengambil peran utama dalam Perayaan Hari Ulang Tahun Pramuka dan kemerdekaan yang di selenggarakan oleh Kwartir Ranting Pademawu dengan menggelar kegiatan pionering yang menarik. Dengan tekad yang kuat, mereka membangun struktur menggunakan tali dan bambu. Keberhasilan mereka dalam membangun struktur ini mencerminkan kreativitas, kerja sama tim, dan keterampilan teknis yang mereka kembangkan melalui pelatihan Pramuka.

Ibu Evi Susantin, salah satu guru pembina Pramuka di SDN Pagagan 1, berkomentar, “Pionering adalah kegiatan yang melibatkan banyak aspek, mulai dari perencanaan hingga eksekusi. Siswa-siswi kami telah bekerja keras bersama-sama untuk menghasilkan karya-karya yang indah dan fungsional. Ini adalah cara yang luar biasa di perayaan Hari Ulang Tahun Pramuka dan semangat kemerdekaan.”

Pesta Siaga untuk Siaga

Tidak kalah meriah, para Siaga di SDN Pagagan 1 juga mengikuti Pesta Siaga yang penuh dengan permainan, pertunjukan seni, dan acara kecil lainnya. Dalam semangat kebersamaan, mereka mengikuti permainan,seperti  estafet air,estafet sedotan, estafet bola, kucing dan tikus, memancing ikan dalam kolam dan kelereng piring.

Bapak Bambang, yang bertanggung jawab atas kelompok Siaga di sekolah, menyatakan, “Pesta Siaga adalah kesempatan bagi anak-anak kita untuk belajar tentang pentingnya kebersamaan dan semangat nasionalisme sejak dini. Mereka telah menunjukkan semangat yang luar biasa dalam merayakan kemerdekaan Indonesia.”

Selama perayaan ini, seluruh siswa Pramuka di SDN Pagagan 1 juga mengikuti upacara bendera khusus yang menandai momen bersejarah kemerdekaan Indonesia. pembacaan janji Pramuka dengan penuh semangat dan mengibarkan bendera merah-putih dengan bangga.

Perayaan Hari Ulang Tahun Pramuka dan kemerdekaan Indonesiayang di selengarakan oleh Kwartir Ranting Pademawu di lapangan Kerapan Sapi Desa Durbuk Pakong Pamekasan tidak hanya menjadi wujud kecintaan mereka pada tanah air, tetapi juga pengembangan karakter, kerja tim, dan nilai-nilai positif. Semoga semangat ini terus tumbuh dan menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam memperjuangkan masa depan Indonesia yang lebih baik.